Sabtu, 01 Maret 2014

Alasan Memilih Investasi Properti

Kategori : Manajemen Bisnis


Sumber : unikaproperti.com

Terdapat banyak pilihan dalam berinvestasi, diantaranya adalah investasi di Pasar Modal (saham, obligasi, stock option, dan sebagainya), investasi emas, investasi asuransi (jiwa, kesehatan, pendidikan, dll), dan lain sebagainya. Namun, salah satu investasi yang sangat menguntungkan adalah investasi properti. Bahkan saat ini trend investasi properti menaik tajam. Berikut adalah beberapa alasan mengapa investasi properti dipilih :
1. Properti bisa dimiliki tanpa modal
    Properti bisa kita miliki tanpa modal karena saat ini sedang menjamur berbagai program yang ditawarkan
    perbankan untuk memfasilitasi sebuah properti, misal KPR untuk rumah. KPR (Kredit Pemilikan Rumah)
    akan menjamin pencairan dana untuk rumah bahkan ketika rumah baru akan dibangun. Nilai KPR terkadang cenderung lebih naik dan melebihi suku bunga. Bandingkan saja dengan membeli mobil yang harganya terus turun.
2. Properti adalah kebutuhan primer
    Kebutuhan papan adalah kebutuhan primer manusia selain pangan dan sandang. Semakin meningkatnya jumlah penduduk dan semakin tingginya angka kesejahteraan hidup maka manusia membutuhkan tempat tinggal yang layak.
3. Tidak menghabiskan waktu
    Properti tidak banyak menghabiskan waktu dalam mengurusnya dan kita masih bisa memperkerjakan orang lain untuk melakukan perawatan.
4. Harga properti selalu naik
    Harga properti seperti tanah atau bangunan akan cenderung naik. Bahkan kenaikan harga properti dapat lebih besar dari inflasi. Sehingga akan tetap untung.
5. Bisa mendatangkan omzet meskipun tidak menjualnya
    Properti dapat disewakan, atau dipakai sebagai tempat usaha. hal ini cukup dilakukan dengan refinancing.
6. Orang kaya juga berinvestasi properti
    Banyak orang kaya (pemilik modal besar) yang berinvestasi di properti. Meskipun usaha utama mereka misalkan di bidang kuliner (restoran), hotel, pemilik perusahaan manufaktur, namun dibalik itu banyak dari mereka yang berinvestasi properti. Dari situlah pundi-pundi uang secara diam-diam dihasilkan.
7. Kontrol sepenuhnya berada di tangan sendiri
   Kita dapat mengontrol properti milik kita sendiri, misal harga jual bisa ditentukan sendiri. Selain itu properti juga bsia menghasilkan uang jika disewakan atau dikontrakkan. Bandingkan dengan investasi saham atau emas yang keduanya dikontrol dan digerakkan oleh pergerakan pasar dan susah dikendalikan maupun diprediksi.

Jadi, banyak alasan untuk kita berinvestasi properti. ^_^

Sumber :
Tanuwijaya, Handoko. 2012. Bisnis Properti Tanpa Modal. Penerbit Crop Circle Corp : Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar